Saturday, April 2, 2016

profil pondok pesantren Rasyidiyah Khalidiyah [Rakha] Amuntai Kalimantan Selatan

Profil  Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai.

profil pondok pesantren Rasyidiah Khalidiyah [Rakha] Amuntai Kalimantan Selatan
Lambang Pondok Pesantren Rakha
Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai didirikan oleh KH. Abdurrasyid pada tahun 1922 M.
a. Pendidikan dan Pengajaran

Berusaha secara maksimal untuk meningkatkan dan menyempurnakan pendidikan dan pengajaran di Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah , usaha ini tercatat dalam sejarah perjalanan Pesantren ini yang dimulai dengan pendirian Madrasah Arabicshe School pada tahun 1941, dimana sebelumnya berawal dari sistem pengajian halqah yang dilakukan Tuan Guru H. Abdurrasyid pada tahun 1937 , dan sebagai cikal bakal dan Pendiri Pondok Pesantren.

Periode 1942 s/d 1978 sebagai pengembangan menjadi Pondok Pesantren NORMAL ISLAM dan selanjutnya menjadi Pesantren RASYIDIYAH KHALIDIYAH.

Dalam periode ini kepimpinan diserahkan kepada kader penerus dengan mengembangkan dan memasukkan materi pengetahuan umum dan eksakta dan pembagian tingkatan dari Ibtidaiyah , Tsanawiyah dan Aliyah.

Dan pada Periode ini setelah kepimpinan dipegang oleh KH.Dr. Idham Chalid , telah membangun sistem Pendidikan dengan manajerial yang cukup maju dan dibangunnya beberapa unit pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat pada waktu itu.

Periode 1979 s/d 2010 ,Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah dan dalam kepimpinan saat ini oleh H. Syafriansyah , telah menyelenggarakan Pendidikan :

generasi pendahulu Ponpes RAKHA, yang datang kemudian melanjutkan kemajuan Ponpes RAKHA , yang sebagian kita adalah orang-orang pendatang, akan sangat bijak bila introspeksi dan bertanya pada diri sendiri “ Apa yang dapat kuberikan pada kemajuan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah , dalam tantangan zaman yang serba cepat ini ”.
  1. Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI RAKHA )
  2. Madrasah Aliyah Normal Islam Putra
  3. Madrasah Aliyah Normal Islam Putri
  4. Madrasah Tsanawiyah Normal Islam Putra
  5. Madrasah Tsanawiyah Normal Islam Putri
  6. Ma’had aly
  7. Qismu Takhassus Diny
  8. Raudhah Tahfidz Al – Qur’an
  9. Taman Pendidikan Al-Qur’an / Taman Kanak-kanak Al Qur’an
  10. Pendidikan Usia Dini ( PAUD )
  11. RA Normal Islam Terpadu
  12. MI Normal Islam Terpadu

Adapun cita-cita selanjutnya adalah mendirikan UNIVERSITAS ISLAM RAYIDIYAH KHALIDIYAH, sebagaimana akan ditulis dalam Piagam Penyerahan Lahan - Pembelian / Wakaf , zakat, infaq Lahan Komplek Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah untuk pengembangan STAI RAKHA.

b. Kaderisasi

Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia , terutama maju dan mundurnya pondok-pondok di tanah air, memberikan pelajaran kepada para pendiri Pondok tentang pentingnya perhatian terhadap kaderisasi. Sudah banyak sejarah tentang pondok-pondok yang maju dan terkenal pada suatu ketika, tetapi kemudian menjadi mundur dan bahkan mati setelah pendiri atau kyai pondok itu meninggal dunia. Di antara faktor terpenting yang menyebabkan kemunduran pondok-pondok tersebut adalah tidak adanya program kaderisasi yang baik.

Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah memberikan perhatian terhadap upaya menyiapkan kader yang akan melanjutkan cita-cita Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah.

c. Chizanatullah

Di antara syarat terpenting bagi sebuah lembaga pendidikan agar tetap bertahan dan berkembang adalah memiliki sumber dana sendiri. Sebuah lembaga pendidikan yang hanya menggantungkan kepada bantuan pihak lain yang belum tentu didapat tentu tidak dapat menjamin keberlangsungan pendidikan dan perkembangannya.

Di antara usaha yang telah dilakukan untuk memenuhi maksud ini direncanakan suatu badan khusus yang mengurusi dana, wira usaha, wisma usaha yang dipimpin tenaga Profesional yang ditetapkan dan diangkat oleh Yayasan RAKHA demi kemajuan usaha dan mengembangkan Usaha , harta wakaf milik Yayasan Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah.

d. Kesejahteraan Keluarga Pondok

Bertujuan untuk memberdayakan kehidupan keluarga-keluarga yang membantu dan bertanggungjawab terhadap Penyelengaraan Pesantren RAKHA secara langsung, sehingga mereka itu tidak menggantungkan penghidupannya kepada Pondok.

Dan menjadikan sumber penghasilan dana untuk Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah.

Sesuai dengan semboyan :

" Hidupilah Ponpes RAKHA dan jangan menggantungkan hidup kepada Ponpes RAKHA ".

Usaha penunjang yang keberadaannya berkoordinasi pada Yayasan RAKHA antara lain :

COMERSIAL CENTRE + BANK. ATM + MINI MARKET + KOPERASI + CAFETARIA
WISMA USAHA + MENYEWAKAN TOKO + PERCETAKAN + WARNET
KLINIK KESEHATAN + TOKO OBAT / APOTIK + TRAVEL UMROH – HAJI
BENGKEL BESI / PAGAR / TRALIS + PERTUKANGAN KAYU / KUSEN / PINTU
PERKEBUNAN SAWIT + PERKEBUNAN KARET + PERTAMBANGAN + PERIKANAN
MENYEWAKAN TOKO / LAPAK PASAR TRADISIONIL + PERUMAHAN
Penyertaan Modal pada Usaha Pihak kedua dll.

Visi dan Misi Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai.

Mewujudkan kader-kader intelektual muslim Indonesia yang mempunyai imtaq, iptek, pembentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat, mampu menghadapi tantangan zaman serta membawa umat kepada kesejahteraan, kebahagiaan dunia dan akhirat.

Membentuk kader-kader intelektual muslim Indonesia yang beriman, bertaqwa dan mempunyai wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Membentuk watak peradaban bangsa yang bermartabat dan berakhlak mulia. Membentuk motivator, inovator yang selalu dinamis, mandiri dan mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Membentuk juru dakwah dan pemimpin umat yang terampil. Memperjuangkan terciptanya sistem yang kondusif bagi proses demokratisasi yang kesetaraan dan berkeadilan. 
Motto
Ilmu (menjadi orang yang berilmu), Nizam (menjadi orang yang tertib dan disiplin), 'Amal (orang yang menggunakan ilmu pengetahuan) dan Mukhlis (ikhlas karena Allah).
 
Alamat Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiyah Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : (0527) 61231
Jalan menuju Ponpes Rakha ini bisa lihat foto di bawah, 
Profil Pesantren Rakha
Peta menuju ke Rakha
Jalan yang anda lewati adalah :
  • Kalau anda melewati Kota Kandangan HSS, maka anda harus melewati perjalanan sekitar 55km.
  • ketika sampai di terminal Pantai Hambawang, anda Belok Kiri menuju Kota Amuntai.
  • Sesampainya di Amuntai, anda terus saja Jalan Lambung Mangkurat, kemudian ketemu Bundaran pusat kota Amuntai
  • di Bundaran Pusat Kota Amuntai Belok kiri lewat Jembatan Paliwara
  • Turun Jembatan ada Lampu Merah kemudian Belok Kanan,
  • selanjutnya terus saja di Jalan Pembalah Batung dan sekitar 300meter anda akan masuk Jalan Rakha.
  • Pondok Pesantren Rakha terletak sebelah kiri Jalan.

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam