Saturday, June 25, 2016

Mengenal Lebih dekat Malam Salikur/selikur di Banjarbaru Kalsel

Pesantren.info - Malam Salikur merupakan suatu adat perpaduan budaya lokal dengan agama islam, yang pada sebenarnya bahwa malam ini merupakan salah satu malam ganjil yang dimana Rasulullah mengatakan bahwa dalam malam-malam ganjil pada sepuluh hari bulan Ramadhan adalah malam lailatul qadar yaitu malam yang mempunyai keutamaan malam seribu bulan, sehingga kalau beribadah di malam ini sama dengan beribadah sebanyak 1000 bulan.

malam selikur banjarmasin banjarbaru
Festival Tanglong foto:kompas.com
Malam selikur yang dari segi bahasa berarti malam 21 Ramadhan merupakan salah satu tradisi budaya di berbagai daerah di Indonesia, di Banjarbaru khususnya ataupun di beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan, malam selikur ini dihiasi dengan festival tanglong pada saat sahur, dalam bahasa banjar yaitu bagarakan sahur, seperti di Banjarbaru acara seperti ini diadakan setiap tahun yang puncak acaranya di daerah Murjani.
tetapi untuk tahun 2016 ini ditiadakan untuk daerah Banjarbaru.

malam 21 ini merupakan diyakini sebagai malam turunnya Lailatul Qadar yang mana malam itu merupakan malam yang pahala dilipatgandakan, seperti beribadah ribuan bulan, sehingga banyak masyarakat muslim yang memperbanyak ibadahnya saat malam 21 ini, selain itu juga, karena bulan Ramadhan akan berakhir hanya dalam hitungan hari.

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam