Friday, March 31, 2017

3 Pesantren Terbaik di Sumatera

Pesantren.info - Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memang dikhususkan untuk memperdalam pengetahuan tentang agama islam. Namun seiring dengan perkembangan jaman, kehadiran pesantren juga semakin berkembang setiap waktunya. Tak hanya digunakan sebagai tempat menimba ilmu agama, namun kini pesantren banyak dilengkapi fasilitas pengajaran ilmu-ilmu umum lainnya seperti yang ada di lembaga pendidikan formal.

Di Indonesia sendiri kehadiran pesantren sudah tersebar hingga ke berbagai pelosok, dan bahkan di daerah tertentu popularitas sekolah berbasis pesantren lebih populer dari pada sekolah umum. Begitu pun yang terjadi di pulau Sumatera. Di pulau tersebut, perkembangan pondok pesantren juga begitu pesat. 
foto:harian9.com

Nah, buat anda yang kebetulan sedang bingung mencari pondok pesantren untuk putra-putri anda, berikut adalah 3 pondok pesantren terbai di Sumatera yang kami rekomendasikan untuk anda

1.    Pondok Pesantren Musthafawiyah


Pondok pesantren musthafawiyah terletak di Desa Tanobato, Kabupaten Madailing Natal, Sumatera Utara. Pondok pesantren ini didirikan oleh Syeikh Musthafa Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily sekitar tahun 1912. Pondok pesantren ini sering dikenal dengan nama Purba Baru.

Tidak hanya membekali para santri  nya dengan ilmu-ilmu agama, namun pesantren ini juga memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari pendidikan TK hingga perguruan tinggi. Jika anda hanya ingin belajar untuk tahfidz al-quran, an dapat datang ke pondok pesantren ini. Disini disediakan mater-materi bagi anda yang ingin belajar mengahafal al-quran dengan baik.

2.    Pondok Pesantren Raudhotul Ulum

Pondok pesantren Raudhatul Ulum dikelola oleh sebuah Yayasan Perguruan Islam yaitu Raudhatul Ulum Sakatiga (YAPIRUS). Bertempat di provinsi Sumatera Selatan, pondok pesantren ini didirikan pada tanggal 1 Agustus 1950 oleh KH. Abd Ghani Bahri ,Kyai Abd Rahim Mandung, serta KH Abdullah Kenalim.

Hingga saat ini, pondok pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga memiliki hingga 9 lembaga pendidikan formal mulai dari Pendidikan PAUD hingga Sekolah Tinggi. Pondok pesantren Raudhatul Ulum memiliki komitmen dan cita-cita yang kuat untuk menjadi pusat keunggulan serta mendorong semangat untuk terus berkaya dan berinovasi sehingga meningkatkan kualitas pondok pesantren.

3.    Pondok Pesantren Al-Ittifaqiyah


Pondok pesantren ini dipimpin oleh Drs. KH. Mudrik Qori MA, yang merupakan anak bungus dari almarhum KH Ahmada Qori Nuri. Saat ini ada sekitar 177 tenaga kerja atau pengajar yang mengasuh santri-santri sebanyak 1700 orang. Untuk kurikulum yang digunakan, pondok pesantren ini memiliki kurikulum berijasah pondok, kurikulum berijasah negeri, serta metode pengajaran dengan standart internasional.

Bahkan setiap tenaga pengajar yang digunakan merupakan lulusan-lulusan terbaik dari beberapa sekolah tinggi atau universitas popular yang memang berkompeten dan professional di bidangnya. Jadi tak heran jika pondok pesantren al-ittifaqiyah kami masukkan dalam kategori  pondok pesantren terbaik di sumatera

Itu dia tadi beberapa info mengenai pondok pesantren terbaik di sumatera. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda.

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam