Tuesday, April 11, 2017

Inilah 5 Pesantren Terbaik di Jawa Timur

Pesantren.info - Pesantren tidak melulu berkaitan dengan mengaji Al-qur’an dan Kitab Kuning serta kegiatan yang bersifat monoton dan kemasyarakatan saja. Seiring dengan perkembangan zaman, pesantren yang ada sekarang ini sudah banyak yang bertransformasi dan melengkapi lembaga pendidikannya dengan pendidikan formal serta berbagai kegiatan ekstrakurikuler, sehingga santri tidak hanya mendapatkan pendidikan agama  saja, tetapi juga akan mendapatkan pengetahuan umum, bahkan beberapa keterampilan.

Pesantren Terbaik di Jawa Timur

Banyaknya pesantren di Indonesia, baik itu yang modern maupun yang salafy terkadang sering membuat orang tua kebingungan, sebaiknya anaknya dimasukkan ke pesantren yang mana. 

Nah, kebetulan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi info mengenai 4 pesantren terbaik di Jawa Timur yang mungkin bisa menjadi bahan petimbangan bagi Anda yang hendak memasukkan anak ke pesantren.

1.    Pesantren Langitan



(sumber: http://malangpers.com/wp-content/uploads/2017/02/Ponpes-Langitan-Tuban.jpg)

Pesantren Langitan didirikan di Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban pada tahun 1852. Pesantren ini juga menjadi salah satu anggota dari jajaran lembaga pendidikan islam yang terua di Indonesia dengan luasnya kira-kira 7 hektar dan terletak di samping Bengawan Solo. Dan tentunya pesantren ini layak mendapat gelar pesantren terbaik di Jawa Timur.

2.    Pesantren Lirboyo


(sumber: https://hartoyosbk.files.wordpress.com/2011/08/31.jpg

Pesantren terbaik di Jawa Timur berikutnya adalah Pesantren Lirboyo, pesantren ini beralamat di Desa Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kediri. Pesantren ini sekarang sudah berkembang menjadi pusat studi islam dengan ribuan santri yang menuntut ilmu di dalamnya.

3.    Pesantren Sidogiri

(sumber: https://i.ytimg.com/vi/O26D-95cZGE/maxresdefault.jpg)

Ada dua versi mengenai pondok pesantren yang menjadi salah satu pesantren terbaik di Jawa Timur yang beralamat di Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton, Pasuruan ini. Versi yang pertama menyatakan bahwa Pesantren Sidogiri didirikan pada tahun 1718, namun menurut versi yang kedua Pesantren Sidogiri didirikan pada tahun 1745, tetapi yang sering dijadikan patokan ikhtibar atau hari ulang tahun Pesantren Sidogiri adalah versi yang kedua.
Kegiatan yang diterapkan pada santri Pesantren Sidogiri dibagi menjadi 2 yakni kegiatan ma’hadiyah atau kegiatan wajib yang harus diikuti oleh semua santri yang bermukim di pesantren, dan kegiatan madrasiyah yakni kegiatan yang harus diikuti oleh semua santri yang bermukim di pesantren serta murid yang tinggal di rumah orang tuanya.

4.    Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo


(sumber: https://cyberdakwah.com/wp-content/uploads/2013/06/Sejarah-Berdirinya-Pondok-Pesantren-Salafiyah-Syafiiyah.jpg)

Bermula dari sebuah hutan belantara yang ditakuti oleh masyarakat, Kyai Samsul Arifin membuka hutan tersebut dengan dibantu oleh putra serta beberapa orang santri yang menyertai Kyai Samsul Arifin dari Madura untuk kemudian didirikan pesantren yang sekarang sudah berkembang dan mulai dikenal oleh banyak orang.
Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo ini bahkan juga memiliki belasan ribu orang santri yang berasal dari berbagai wilayah bahkan luar negeri. Oleh karenanya tak heran jika pesantren ini menjadi pesantren terbaik di Jawa Timur.

5.    Pesantren Tebuireng


(sumber:http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1047572/big/069337000_1446966609-tebuireng2.jpg)

Pesantren Tebuireng juga merupakan salah satu pesantren terbaik di Jwa Timur. Pesantren ini terletak di tepi jalan raya Jombang-Kediri dengan alamat tepatnya adalah di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang. Pesantren ini didirikan oleh tokoh NU terkemuka, yakni Kh. Hasyim Asy’ari tahun 1899 yang lalu.

Itulah 5 pesantren terbaik di Jawa Timur yang bisa Anda pilih salah satunya. Dan pastinya masih banyak lagi pesantren lainnya yang juga layak mendapat predikat pesantren terbaik yang tidak kami sebutkan diatas.

Sumber:
http://agendaguru.blogspot.co.id/2016/06/10-pondok-pesantren-tertua-dan-terbaik.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Pondok_Pesantren_Langitan
https://lirboyo.net/pesantren/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pondok_Pesantren_Sidogiri

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam