Monday, May 8, 2017

iezul

4 Pesantren Terbaik dan Terfavorit di Makassar

Pesantren.info - Pesantren di Indonesia tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja, tetapi di luar Pulau Jawa juga banyak sekali berdiri pondok pesantren yang megah. Ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa pemeluk agama Islam di Indonesia sangat banyak dan tidak terpusat di satu pulau.
Nah, berbicara tentang pesantren yang ada di luar Pulau Jawa, kali ini kami akan membagikan info mengenai 4 pesantren terbaik di Makassar, Sulawesii Selatan, yang mungkin bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang ingin menuntut ilmu agama islam di luar Pulau Jawa. 
sumber:google
Nah, adapun 4 pesantren terbaik di Makassar yang kami maksud antara lain:

1.    Pesantren Pondok Madinah

Pesantren terbaik di Makasar yang pertama adalah Pondok Madinah beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan KM.9 Makasssar. Pesantren ini dibangun pada tahun 1988 dengan jumlah santri yang terdaftar pada saat itu bahkan belum mencapai 100 orang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pesantren ini mulai dikenal oleh masyarakat dan jumlah santrinya juga bertambah.

2.    Pesantren Ma’hadud Dirasatil Islamiyah wal Arabiyah

Pesantren yang beralamat di Jl. Lamuru No.65 Makassar ini didirikan oleh ulama alumni dari Universitas Al-azhar, Kairo, Mesir yakni KH. Abdul Kadir Khalid, MA pada tahun 1969, dan beliau juga membangun Ma’had Aliyah atau pesantren tinggi di tahun berikutnya, yakni tahun 1970.
Pesantren ini mulai membuka pendidikan jenjang sekolah dasar yakni Madrasah Ibtidaiyah tahun 2012, yang kemudian diikuti juga dengan pendidikan jenjang SLTP yakni Madrasah Tsanawiyah, dan pendidikan jenjang SLTA yakni Madrasaj Aliyah. 

3.    Pesantren An Nahdlah

Pesantren An Nadhlah terletak di Bunga Eja Beru, Tallo, Makassar. Pada awalnya pesantren ini hanya berupa majlis ta’lim yang hanya diikuti oleh 7 orang anak yang masih usia dini. Namun, lama kelamaan majlis ta’lim ini kemudian berkembang karena mendapatkan perhatian dari masyarakat. Hingga akhirnya pada tanggal 20 Juni 1986, Pesantren An Nahdlah diresmikan yang juga ditandai dengan mulai dibukanya penerimaan santri Madrasah Tsanawiyah yang setingkat dengan SLTP.
Perkembangan pesantren ini tidak berhenti sampai disini, karena Pesantren An Nahdlah juga membuka penerimaan santri Madrasah Aliyah yang setingkat dengan SLTA. Dan tentunya telah menjadi salah satu pesantren terbaik di Makasar.

4.    Pesantren Putri Ummul Mukminin

Pesantren Putri Ummul Mukminin ini terletak di Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Pembangunan pesantren ini dimulai sejak tahun 1984 dan baru dibuka serta mulai menerima santri 3 tahun setelahnya, yakni tahun 1987, dengan jumlah santri saat itu hanya 17 orang. Namun jumlah santri ini terus bertambah hingga pada tahun ajaran 2011/2012 yang lalu jumlah santri mencapai sekitar 1.057 orang.
Perkembangan jumlah santri ini juga diikuti oleh penambahan fasilitas. Berdasarkan informasi, fasilitas yang ada di pesantren ini antara lain lapangan olahraga, koperasi, kantor wartel, gedung komite pesantren, depot foto copy serta buku dan air minum, balai pengobatan, asrama santri, aula pertemuan, perpustakaan, masjid serta beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Dari ke empat pesantren terbaik di Makassar, yang kami ulas diatas, kira-kira pesantren mana yang anda pilih? atau ada mungkin ada pesantren lainnya yang menjadi favorit anda, silahkan berbagi

Sumber:
http://www.pppum.sch.id/index.php/fasilitas
http://www.an-nahdlah.or.id/profil-sejarah-berdirinya-pesantren-annahdlah-makassar.html
http://sejaramdiabontoalamakassar.blogspot.co.id/2015/11/sejarah-pondok-pesantren-mdia-bontoala.html
http://pesantrenpondokmadinah.blogspot.co.id/2015/04/visi-misi-pondok-madinah.html

iezul

About iezul -

Blog ini membahas tentang informasi pesantren se-Indonesia, apabila anda mempunyai informasi tentang pesantren di daerah anda, silahkan membagikannya di laman Submit data dan selanjutnya akan kami tampilkan di situs ini, semoga bisa bermanfaat

Subscribe to this Blog via Email :

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam ^_^