Wednesday, May 31, 2017

Inilah 3 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah

Pesantren.info - Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang ada di Indonesia. Lembaga pendidikan ini mempunyai sistem pembelajaran dimana pembelajaran umum dan pembelajaran agama mempunyai porsi yang seimbang. Sehingga diharapkan para santri atau sebutan siswa yang belajar di pondok pesantren akan memiliki ilmu umum dan juga ilmu agama yang seimbang pula.

Lembaga pendidikan berupa pondok pesantren ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia karena seperti yang kita tahu, mayoritas masyarakat di negeri ini beragama Islam/muslim. Tanpa terkecuali masyarakat di wilayah Jawa Tengah. Di daerah tersebut banyak sekali pondok pesantren yang mengajarkan banyak hal tentang ilmu agama Islam. Dan dari sekian banyak pondok yang ada disana, ada 3 yang bisa dibilang sebagai Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah.
baca juga : pesantren di Jawa Tengah
foto:http://wikimapia.org/11945129/id/Ponpes-Assalaam-Solo-Indonesia

Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah

1.      Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam merupakan pesantren terbaik di Jawa Tengah yang pertama. Pesantren ini pertama kali didirikan oleh Yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta (MPI) pada 7 Agustus 1982. Hingga saat ini berlokasi di Jl. Garuda Mas Pabelan Po. Box 286 Sukoharjo – Surakarta – Jawa Tengah.

Pesantren Modern Islam Assalam memiliki beberapa tingkat pendidikan, yaitu :
      Pendidikan Formal – MTS
      Pendidikan Formal – MA
      Pendidikan Formal – SMA
      Pendidikan Formal – SMK
      Pendidikan Formal – TKS
      Pendidikan Non Formal – Pendidikan Kesantrian

Sebagai pesantren modern, terdapat pula ekstrakulikuler yang wajib untuk diikuti para santri seperti latihan berpidato 3 bahasa, pengajian keagamaan, Halaqoh Hujroh, Halaqoh Mantiqoh dan Kepramukaan. Selain itu ada beberapa ekstrakulikuler pilihan yang ditujukan untuk menggali bakat serta minat para santri.

2.      Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad

Pesantren terbaik di Jawa Tengah yang kedua adalah Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad. Pesantren ini beralamat di Jalan Raya Solo - Semarang Km. 45, Ds. Butuh Kec. Tengaran, Kab. Semarang, 50775.

Sebagai lembaga pendidikan, Pesantren Islam Al-Irsyad juga menyediakan tingkat pendidikan diantaranya adalah :
      SDITQ (Sekolah Dasar Islam Tahfizhul Qur’an)/Setingkat SD
      MTW (Mutawasithoh)/Setingkat SMP
      IM (I’dad Muallimin)/Setingkat SMA
      IL (I’dad Lughowi) dengan program unggulan Bahasa Arab Intensif

Selain itu terdapat pula ekstrakulikuler yang ditujukan untuk menggali bakat dan minat para santri. Sehingga saat lulus dari pesantren ini, diharapkan para santri mendapatkan bekal ilmu umum maupun ilmu agama untuk hari tuanya.

3.      Pondok Pesantren Al-Muayyad

Pondok Pesantren Al-Muayyad merupakan pesantren terbaik di Jawa Tengah yang ketiga. Pesantren yang berdiri megah tersebut berdiri pada tahun 1937 oleh K.H. Abdul Mannan bersama K.H. Ahmad Shofawi serta Prof. K.H. Moh Adnan. Hingga saat ini, pesantren ini beralamat di Jl. K. H. Samanhudi No.64, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142.

Tingkat pendidikan yang ada di Pesantren Al-Muayyad hampir sama dengan pesantren lainnya yaitu MA, SMP, SMA, MDW, MDA, Tahfidzul Qur’an dan Pengajian Kitab Salaf.

Ketiga pondok pesantren diatas merupakan pesantren terbaik di Jawa Tengah yang bisa dibilang juga merupakan pesantren terfavorit di Jawa tengah.

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam