Wednesday, June 14, 2017

iezul

Berikut Pondok Pesantren Terbaik di Jawa dan yang paling Populer

Pesantren.info - Bisa dibilang pondok pesantren merupakan cikal bakal pendidikan umum di negeri ini. Karena seperti yang kita tahu, kehadiran dan eksistensi dari pondok pesantren sudah ada jauh sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Pondok pesantren ini konon mulai banyak berdiri pada zaman dulu, saat agama Islam mulai masuk di Nusantara.
Nah, ngomong-ngomong soal pondok pesantren, tahukah anda pondok pesantren terbaik di pulau Jawa itu, pesantren mana saja? Penasaran? Berikut jawabannya.

Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri, Foto:tukinfo.net


1.    Pondok Pesantren Gontor

Pondok pesantren gontor dapat dikatakan merupakan pondok pesantren terbaik di Jawa, tepatnya di kota Ponorogo, Jawa Timur. Pondok pesantren gontor didirikan oleh ulama bersaudara yaitu Kiai Santoso Anom Besari, KH. Imam Zarkasy, KH Ahmad Sahal, serta KH Zainudin Fananie yang sering dikenal dengan sebutan trimurti.

Pondok pesantren gontor terkenal dikarenakan menjadi salah satu pelopor dari pesantren modern yang ada di Pulau Jawa. Bahkan system pendidikan yang digunakan di pondok pesantren gontor dijadikan acuan bagi pondok pesantren lainnya. salah satu ciri khas dari pondok pesantren gontor adalah penerapan kedisiplinan yang tinggi serta kebiasan berbahasa inggris dan arab dalam kehidupan sehari-harinya. 

baca juga :
Pesantren Terbaik di Jawa Barat

2.    Pondok pesantren langitan, Tuban

Pesantren terbaik di Jawa berikutnya adalah Pondok Langitan Tuban. Dapat dikatakan bahwa pondok pesantren langitan merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup tua yang ada di Indonesia. Pondok pesantren ini didirikan sekitar tahun 1852. Letak dari pondok pesantren ini di Dusun Mandungan, Desa Widang, Tuban, Jawa Timur. Luas lahan dari pesantren ini hampir mencapai 7 hektar.

3.    Pondok pesantren tebuireng, Jombang

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren terbesar yang ada di Jombang. Didirikan pada tahun 1899, pondok pesantren ini didirikan oleh ulama besar KH Hasyim Asy’arie yang memang sudah dikenal sebagai sosok ulama yang memiliki kharismatik yang tinggi. Bahkan KH Hasyim Asy’arie merupakan pendiri dari Nahdatul Ulama. Bahkan salah satu mantan presiden republic Indonesia yaitu KH Abdurrahman wahid merupakan cucu dari KH Hasyim Asy’arie.

4.    Pondok pesantren lirboyo, Kediri

Pondok pesantren lirboyo berdiri pada tahun 1910 dan terletak di Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Nama lirboyo sendiri diambil dari nama desa yang menjadi tempat berdirinya pondok pesantren ini. Pendiri dari pondok pesantren ini adalah Kyai Sholeh dan kemudian dilanjutkan oleh KH Abdul Karim.

Pondok pesantren ini menjadi salah satu lembaga pendidikan islam bahkan sebelum republic Indonesia merdeka. Sehingga banyak sekali peran dari pondok pesantren lirboyo dalam perjuangan-perjuangan kemerdekaan Indonesia, salah satunya yaitu pada peristiwa 10 November 1945 yang ada di Kota Surabaya.

Diatas adalah beberapa pondok pesantren terbaik di Jawa. Semoga informasi bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat pembaca semua.


Sumber:http://kumpulan-berita-unik.blogspot.co.id/2013/02/10-pondok-pesantren-terbaik-di-indonesia.html
http://masirul.com/pondok-pesantren-terbaik/

iezul

About iezul -

Blog ini membahas tentang informasi pesantren se-Indonesia, apabila anda mempunyai informasi tentang pesantren di daerah anda, silahkan membagikannya di laman Submit data dan selanjutnya akan kami tampilkan di situs ini, semoga bisa bermanfaat

Subscribe to this Blog via Email :

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam ^_^