Friday, June 2, 2017

Inilah Rekomendasi 3 Pesantren Terbaik di Kalimantan


Pesantren.info - Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia, bahkan kebanyakan pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia. Jika awalnya, kehadiran pesantren hanya digunakan sebagai sarana untuk mempelajari agama islam lebih dalam, namun seiring dengan perkembangan jaman, saat ini banyak pesantren yang memasukkan materi-materi pelajaran umum ke dalam kurikulumnya. Bahkan beberapa pesantren memberikan beragam fasilitas modern yang pastinya tidak kalah dengan lembaga-lembaga pendidikan formal/umum lainnya.
Di Indonesia sendiri, kehadiran pesantren tersebar di berbagai daerah mulai dari pulau sumatera, jawa, Kalimantan, Sulawesi dan masih banyak lainnya. Dan untuk di pulau Kalimantan, berikut ini adalah 3 pondok pesantren terbaik yang sangat kami rekomendasikan menjadi tempat menimba ilmu putra-putri anda.
Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan

1.    Pondok pesantren Darussalam

foto:panoramio

Pondok pesantrenterbaik di Kalimantan yang pertama adalah Ponpes Darussalam. Lokasi dari pondok pesantren ini terletak di Martapura, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pondok pesantren ini didirikan oleh salah satu ulama terkemuka pada waktu itu yaitu KH Jamaluddin sekitar tahun 1914. Dapat dikatakan Darussalam merupakan pondok pesantren yang usianya paling tua di Pulau Kalimantan. Bahkan banyak sekali ulama-ulama terkenal yang lahir dari pesantren tersebut.

Pondok pesantren ini memiliki beberapa lembaga pendidikan formal, mulai dari madrasah Ibtidiyah sampai perguruan tinggi tersedia di dalam pondok pesantren ini. Selain bergerak dalam pengajaran agama islam, pondok pesantren ini juga melakukan berbagai kegiatan ekonomi yang bermanfaat, antara lain:
·         Toko Kitab
·         Warpostel
·         Kebun Karet
·         Persawahan
·         Bengkel Las
·         Percetakan
·         Warung serba ada
·         Kopontren Darussalam

2.    Pondok pesantren Rasyidiah Khalidiah

Pondok pesantren ini juga merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di Kalimantan. Didirikan oleh KH Abdurrasyid yang merupakan alumnus dari Univesitas Al Azhar Cairo pada tahun 1922, pada awalnya pondok pesantren ini bernama Arabische School. Bahkan pada masa awal pembangunan, pondok pesantren ini hanya berbentuk rumah yang sangat sederhana di Desa Pakapuran Amuntai Di Kalimantan Selatan. 
 baca juga :  
Profil pesantren Rakha Amuntai
Profil Pesantren Darul Hijrah Banjarbaru
Profil Pesantren Darul Istiqamah Barabai
Profil Pesantren Ibnu Mas'ud Kandangan 
Namun seiring dengan waktu,pondok pesantren Rasyidiah Khalidiah terus berkembang menjadi pesantren modern yang tidak hanya mengajarkan tentang ilmu-ilmu agama saja namun juga ilmu umum lainnya. 

3.    Pondok pesantren Nurul Jannah

Pondok pesantren ini berada Kota Banjarmasin. Pendiri sekaligus pemimpin pertama dari pondok pesantren ini adalah KH Basirun Ali pada tahun 1990. Saat ini setidaknya terdapat 1010 santri dan siswa yang menuntut ilmu di pondok pesantren ini.

Materi yang lebih sering diajarkan dalam pondok pesantren ini antara lain hadist, tauhid, sharaf, tafsir, sharaf, faraid, ushul hadist, serta Al-quran. Namun pondok pesantren ini juga mengajarkan materi-materi umum lainnya kepada santri atau siswa-siswanya.

Selain membekali siswanya dengan ilmu agama dan materi umum lainnya, pondok pesantren Nurul Jannah juga mengembangkan diri siswa-siswanya dengan berbagai kegiatan ekstrkulikuler yang bermanfaat seperti ceramah, pencak silat, tilawah, dan masih banyak lainnya. 
Nah itu tadi ulasan singkat mengenai pondok pesantren terbaik di Kalimantan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat. 

note: Artikel merupakan kiriman

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam