Saturday, June 10, 2017

iezul

Pondok Pesantren Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Pesantren.info - Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki penduduk muslim terbanyak dibandingkan dengan penganut agama lainnya. Sehingga eksistensi dari agama islam begitu kental di negeri ini. Hal ini terlihat dari banyaknya lembaga-lembaga pendidikan yang berbasis agama islam atau yang lebih populer dengan istilah pesantren. Berbeda dengan awal kemunculannya dulu, saat ini kebanyakan pondok pesantren lebih dinamis. Karena yang diajarkan bukan hanya tentang pendidikan Islam namun juga pendidikan umum lainnya.
Darussalam Gontor merupakan salah satu pesantren terpopuler di Indonesia
3 Pesantren Terbaik di Indonesia
Di negeri ini mungkin ada ribuan pondok pesantren yang tersebar di hampir seluruh penjuru daerah. Dan tentunya dari sekian banyak tersebut, ada beberapa yang layak menyandang predikat pondok pesantren terbaik di Indonesia. Nah, penasaran mana saja pondok pesantren yang mendapat predikat tersebut?

       Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur

Salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia dan cukup popular adalah pesantren Sidogiri yang terletak di pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Pondok pesantren ini didirikan oleh Sayyid Sulaiman serta Kyai Aminullah yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat.

Pondok pesantren sidogiri juga termasuk pondok pesantren yang paling tua di Indonesia. Salah satu keunikan dari pondok pesantren ini adalah tetap eksis dan terus berkembang meskipun zaman semakin modern. Selain itu, pondok pesantren sidogiri tetap menjalankan pendidikan salaf murni untuk mengkaji ilmu-ilmu agama.

     Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur

Pondok pesantren ini pertama kali didirikan pada tanggal 10 April 1926 serta terletak di Ponorogo Jawa Timur. Pondok Pesantren ini didirikan oleh tiga bersaudara yang dikenal dengan sebutan trimurti antara lain adalah KH. Ahmad Sahal, KH Imam Zarkasy, serta KH Zainudin Fananie. Pondok pesantren gontor modern sudah dikenal menjadi salah satu pelopor pondok pesantren modern.

Pada awalnya pondok pesantren ini memiliki nama Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pondok pesantren ini berganti nama menjadi pondok pesantren gontor modern karena telah dilakukan modernisasi pada system pendidikan Islam nya.

Salah satu ciri khas dari pondok pesantren gontor modern ini adalah keseharian dari para santrinya yang menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris saat berkomunikasi sehari-hari.

       Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup popular karena termasuk pesantren terbesar yang ada di Jombang Jawa Timur. Didirikan pada tahun 1899, pondok pesnatren ini diprakarsai oleh Ulama Besar bernama KH Hasyim Asyarie yang memang sudah dikenal sebagai ulama yang berkarismatik dan juga pendiri dari organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Tidak hanya mengajarkan tentang agama islam dan bahasa arab saja, namun pondok pesantren tebu ireng juga mengajarkan tentang berbagai pelajaran umum lainnya ke dalam kurikulum. Sistem pendidikan yang digunakan di pesantren tebu ireng menggunakan metode sorongan atau metode yang mengharuskan santri untuk membaca materi dari kitab kuning.

Nah, walaupun 3 pondok diatas mendapat predikat sebagai pesantren terbaik di Indonesia,  tentunya bukan berarti pondok pesantren yang lain tidak bagus ya..


Sumber:

http://tukinfo.net/pondok-pesantren-terbaik/

http://www.satujam.com/pondok-pesantren-terbaik/



Sumber gambar :

httpwww.putramelayu.web.id20150912-pondok-pesantren-terbaik-di-indonesia

iezul

About iezul -

Blog ini membahas tentang informasi pesantren se-Indonesia, apabila anda mempunyai informasi tentang pesantren di daerah anda, silahkan membagikannya di laman Submit data dan selanjutnya akan kami tampilkan di situs ini, semoga bisa bermanfaat

Subscribe to this Blog via Email :

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam ^_^