Thursday, June 1, 2017

Profil Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal Jawa Tengah


Pesantren.info - Pondok Pesantren Modern Selamat adalah bagian dari Yayasan Wakaf Selamat Rahayu. Kurikulum, sistem pengajaran berdasarkan kurikulum dari diknas dan kurikulum pondok. Saat ini santrinya berjumlah sekitar 2200 orang dan insya Allah akan terus bertambah. Alumninya tersebar di seluruh Indonesia dan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Pondok Pesantren Modern Selamat ini didirikan sejak tahun 1992 M oleh H. Slamet Soemadyo. Pondok ini merupakan lembaga pendidikan formal yang disertai pendidikan agama dengan tujuan untuk membentuk anak didik yang berakhlakul karimah yang dapat hidup ditengah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan tehknologi.

Lembaga pendidikannya dari SMP, SMA. Sekolah-sekolah ini sudah akreditasi A. SMP ada 2 yakni SMP PMS dan SMP Unggulan PMS. Begitu juga SMA ada 2 yakni SMA PMS dan SMA Unggulan PMS. Diakui berkualitas oleh pemerintah dan masyarakat. Yayasan Wakaf Selamat Rahayu mempunyai 2 cabang yaitu di kendal dan batang. Pengembangan yang terus menerus dan berkelanjutan sehingga berdiri Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Selamat Sri (STIESS) dan Universitas Selamat Sri (UNISS).

Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal berdiri diatas tanah seluas 18 Hektar di desa Jambearum Rt 01 Rw 01 Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Letaknya di pinggir jalur arteri Pantura Semarang - Batang di Jalan Soekarno-Hatta Km.03.

Sebagai sekolah Islam berasrama yang berkualitas,  Pondok Pesantren Modern Selamat punya banyak sekali kegiatan menarik bagi santri-santrinya. Kegiatan ekstra kurikuler begitu hidup disini. Santri-santrinya baik, sopan, santun, pintar dan berprestasi.

Fasilitas lengkap, bahkan kolam renang pun ada disini.  Lahannya luas sekali, sejuk indah dan alami. Udaranya segar, pepohonan hijau dan rimbun. Lingkungan di asrama banyak di bangun taman dan gazebo untuk tempat belajar. Serta sanggar kesenian dan keterampilan banyak didirikan untuk tempat ajang kreatifitas santri.

Pesantren menyediakan tempat bagi tamu yang ingin menginap. Tepatnya di asrama Gondoarum di belakang Masjid Sualman. Fasilitas penginapan ini gratis untuk para Wali santri dan tamu yang berkunjung ke pondok.

Pondok Pesantren Modern Selamat adalah Lembaga Pendidikan Islam yang independen, tidak berafiliasi kepada partai politik atau organisasi masyarakat tertentu. Tidak terlibat / berhubungan dengan kelompok / aliran / ajaran tertentu. 

Pendidikan agama adalah wajib untuk memberikan bekal terbaik putra-putri kita, mempersiapkan generasi shaleh-shalehah yang akan memberi kebahagiaan bagi orangtua dan keluarga.

Pondok Pesantren Modern Selamat ada progam kajian agama yang rutin dilakukan yaitu kajian Al Qur'an dan Hadis serta kajian tawadlu dan kesantunan. Selain diberikan kajian agama, di pondok pesantren modern selamat juga akan diberikan ketrampilan yang meliputi Tata Boga, Melukis, Sablon dan Tari.


Baru buka setiap hari, termasuk hari libur juga kami tetap buka. Pelayanan dari jam 07.00 sampai 16.00 WIB.


Prosedur Pendaftaran : 
  1. Survei ke Lokasi Pesantren; buka setiap hari.
  2. Datang ke Kantor Pelayanan Informasi dan Pendaftaran untuk mendapatkan informasi tambahan serta pendampingan untuk survei lingkungan dan kegiatan pondok pesantren.
  3. Jika merasa cocok, silahkan melakukan proses pendaftaran.
  4. Mengisi Formulir, biaya Formulir Rp 250.000.
  5. Saat orangtua mengisi Formulir, calon santri mengikuti test seleksi masuk.
  6. Melengkapi Persyaratan yang diperlukan : (a) Foto 3x4 8 lembar (b) Foto 2R 1 lembar (c) Fotokopi ijasah dan SKHU (menyusul) / Bisa memakai fotokopi rapot kelas 4,5,6 untuk yang daftar SMP dan fotokopi rapot kelas 7,8,9 bagi yang daftar SMA (d) Fotokopi Akta Kelahiran (e) Surat keterangan berkelakuan baik dari Sekolah asal.
  7. Orang tua menerima hasil test dan informasi serta persiapan untuk Masuk Perdana.
  8. Orang tua Bisa melakukan Daftar ulang sesuai biaya yang sudah ditentukan (Lunas atau sebagian) atau bisa lain hari. Dan melakukan pembelian seragam.

Fasilitas :
1.      Pendidikan : SMP PMS, SMP Unggulan PMS, SMA PMS, SMA Unggulan PMS, Sekolah Tinggi Ekonomi Selamat Sri, Universitas Selamat Sri.
2.      Madrasah diniyah terintegrasi.
3.      Asrama Dan Sekolahan dalam lingkup 1 area pondok dengan keamanan 24 jam.
4.      Asrama Putra Dan Putri dengan variasi ukuran kamar yang luas Dan berdipan.
5.      Ruang laboratorium : IPA, IPS, Komputer, Bahasa.
6.      Free WiFi 24 jam
7.      Masjid dengan kapasitas 5000 jamaah.
8.      Kantin Dan Koperasi siswa.
9.      Luas area pondok sekitar 18 hektar.
10.  Lapangan olahraga : sepakbola, futsal, basket, volli, sepak takraw, bulu tangkis, tenis meja, area bela diri (pencak silat, taekwondo, karate).
11.  Kolam renang putra Dan putri.
12.  Taman yang luas dan banyak Gazebo.
13.  Ruang makan di area asrama.
14.  Ruang kesehatan di area asrama.
15.  Ruang observasi kesehatan
16.  Ruang informasi asrama.
17.  Tempat isi ulang air galon.
18.  Ruang penginapan wali santri (gratis).
  Ekstrakulikuler :
1)    Rebana
2)    Seni baca AlQur’an
3)    Muhadharah
4)    Pramuka
5)    Pmr
6)    Paskibra
7)    Provos
8)    Jurnalistik
9)    Seni tari
10)    Seni Kriya
11)    Kaligrafi
12)    Komputer
13)    Seni musik
14)    Teater
15)    Pencak Silat
16)    Karate
17)    Taekwondo
18)    Volley
19)    Basket
20)    Sepak Bola
21)    Futsal
22)    Atletik
23)    Bulu Tangkis
24)    Karya Ilmiah



Jadwal kegiatan sehari hari :
Jam 03.45 Bangun pagi untuk mandi dan persiapan sholat Shubuh.
Jam 04.45 Baca Al Qur’an bersama dimasjid
Jam 05.00 Santri sarapan dan bersih bersih serta merapikan kamar tidur.
Jam 05.45 Santri melakukan perwalian kamar dengan wali kamar masing masing.
Jam 06.00-12.00 Pembelajaran Sekolah.
Jam 12.00-13.30 ISHOMA
Jam 13.30-15.30 Pembelajaran Sekolah

Jam 15.30-16.00 Sholat Ashar di masjid
Jam 16.00-16.45 Ekstrakulikuler / Kegiatan Kesiswaan
Jam 16.45-17.00 Persiapan Kajian Agama
Jam 17.00-17.45 Kajian Agama / Baca Al Qur’an
Jam 17.45-19.30 ISHOMA
Jam 19.30-20.00 Kajian Agama
Jam 20.00-21.00 Bimbingan belajar
Jam 21.00 Istirahat.

Pembiayaan SMP dan SMA Pondok Modern Selamat Kendal
a.       Uang pendaftaran : 250 ribu
b.      Uang fasilitas Asrama  : 8 juta
c.       Biaya Operasional perbulan : 1 juta
d.      Uang Semesteran : 150 ribu
e.       Uang Seragam : 210 ribu

Keterangan :
1.      Uang fasilitas asrama dibayar sekali selama mondok. Mendapat Fasilitas di asrama : Dipan, Kasur, bantal, seprei, almari dan alat makan.
2.      Biaya Operasional dibayarkan setiap bulan maksimal tanggal 10 untuk pembiayaan SPP Sekolah, Madrasah, Asrama, Makan 3 x sehari, Isi Ulang air Galon, Laundry Seragam dan Dana Kesehatan.
3.      Uang Semesteran dibayarkan setiap Semester.
4.      Biaya Operasional belum termasuk loundry pakaian sehari hari. Siswa bisa mencuci pakaian sendiri atau bisa menggunakan jasa loundry dari Luar sebesar Rp 150 ribu perbulan.



SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

2 comments:

  1. https://app.kompas.com/amp/regional/read/2017/01/16/14353071/santri.yang.meninggal.di.ponpes.selamat.kendal.diduga.karena.berkelahi
    Apakah berita ini benar ada nya ??? 🙄

    ReplyDelete
  2. Saya orang tua dari Rizky,merasa sedih,pesantren semegah dan terkenal ini, masih tersusupi dgn anak didik yg kurang di siplin dan membuat malu pondok pesantren,masih ada dari mereka yg gemar mencuri di lingkungan belajar pesantren termegah ini,sering sekali kehilangan,baik itu,sandal,pici dan barang2 kecil lainnya,meskipun nilainya tidak seberapa,tapi ini cerminan dari anak didik yg hendak menghancurkan pondok pesantren ini, krn tidak mustahil suatu saat dia akan mencuri barang yg lebih besar lagi,kepada pihak berwenang di ponpes ini,tolong di pecat bagi siswa yg kedapatan mencuri,atau bercanda dgn menghilangkan barang milik temannya atau pun orang lain, kami dari orang tua Rizki mohon tindakan tegas di berlakukan agar nama pesantren ini tidak hancur akibat ulah dari satu dua orang ini,terima kasih atas perhatiannya (dari orang tua Rizky di Jakarta, no.hp.087888446828)

    ReplyDelete

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam