Sunday, July 2, 2017

iezul

Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi

Pesantren.info - Pesantren merupakan salah satu metode pendidikan dimana para siswanya tidak hanya belajar bersama dibawah bimbingan guru, namun juga tinggal bersama di sebuah asrama. Dan biasanya asrama yang disediakan oleh pihak pengelola pesantren, dipisah berdasarkan gender yaitu asrama untuk santri perempuan dan santri laki-laki.

Santri yang ada di Pondok Pesantren atau Ponpes biasanya dipisahkan dengan tembok besar dimana didalamnya sudah terdapat fasilitas untuk belajar dan juga fasilitas untuk beribadah. Namun kadang kala para santri juga bisa keluar asrama dengan izin tertentu dari guru serta mengikuti peraturan yang ada di Pondok tersebut.
sumber foto:http://infoalkhairaat.blogspot.co.id/2012/05/pondok-pesantren-al-khairaat-palu.html
Di Indonesia sendiri, pondok pesantren sangatlah banyak bahkan hampir di semua daerah terdapat pondok pesantren. Termasuk di wilayah Sulawesi.

3 Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi

Dari sekian banyak pondok pesantren yang ada di Sulawesi, sepertinya 3 ponpes berikut ini layak mendapatkan predikat pesantren terbaik di Sulawesi. Nah, ponpes mana sajakah itu?

1.    Pondok Pesantren Al Khairaat di Palu

Pondok pesantren terbaik di Sulawesi yang pertama adalah Pondok Pesantren Al Khairaat. Pondok pesantren ini berdiri tanggal 30 Juni 1930 di kota Palu dan didirikan oleh Habib Idrus bin Salim Al Jufri. Lembaga pendidikan ini sangat terkenal di wilayah Indonesia Timur dan juga telah memiliki ratusan cabang di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini Pondok Pesantren Al Khairaat sudah memiliki jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, MA sampai dengan Universitas.

Sama dengan lembaga pendidikan lainnya, Pondok Pesantren Al Khairaat juga mengajarkan pendidikan umum seperti  matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Fisika dan lain sebagainya sesuai dengan ketentuan Departemen Pendidikan Nasional. Diluar itu pendidikan agama, kesenian dan olahraga juga tidak ditinggalkan sebagai pelajaran di Pondok Pesantren Al Khairaat.

2.    Pondok Pesantren Darul Aman di Makassar

Pondok pesantren terbaik di Sulawesi yang selanjutnya adalah Pondok Pesantren Darul Aman yang terletak di JL. KH. Abd. Djabbar Ashiry No. 1 Kel. Pai, Kec. Biringkanaya Kota Makassar. Pesantren ini berdiri sejak tanggal 21 Oktober 1988 oleh KH Abdul Djalil Thahir. Hingga saat ini Pondok Pesantren Darul Aman sudah memiliki tingkat pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan juga DTA.

Sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Aman tidak jauh berbeda dengan pondok pesantren lainnya. Pesantren ini juga menerapkan pembelajaran umum dan pembelajaran agama. Namun sedikit berbeda dengan pendidikan DTA dimana sistem pembelajannya lebih mengutamkaan Pendidikan Agama dengan Kurikulum Agama.

3.    Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Di Makassar

Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin merupakan pesantren terbaik di Sulawesi yang ketiga. Pesantren ini berdiri pada tanggal 8 Oktober 1983 oleh Dra. Hj. Ramlah Aziez. Pesantren Putri Ummul Mukminin hanya memiliki dua tingkat pendidikan yaitu SMP/MTS dan SMA/MA. Sistem pembelajarannya sama seperti pesantren lainnya yaitu pendidikan umum dan pendidikan agama.

Nah, semoga informasi tentang pondok pesantren terbaik di Sulawesi yang kami ulas diatas bisa bermanfaat.

Sumber          :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pesantren
http://www.alkhoirot.net/2012/09/pondok-pesantren-al-khairaat-palu.html
http://www.darulaman.sch.id/
http://www.pppum.sch.id/

iezul

About iezul -

Blog ini membahas tentang informasi pesantren se-Indonesia, apabila anda mempunyai informasi tentang pesantren di daerah anda, silahkan membagikannya di laman Submit data dan selanjutnya akan kami tampilkan di situs ini, semoga bisa bermanfaat

Subscribe to this Blog via Email :

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam ^_^