Friday, November 10, 2017

Berikut keutamaan ber sedekah kepada hewan atau binatang

Pesantren.info - Islam mengajarkan keindahan, akhlak yang baik bahkan kepada binatang sekalipun, Berikut beberapa keutamaan ber sedekah kepada hewan atau binatang dengan dalil-dalil yang menunjukkan sunnah sedekah terhadap hewan.

foto:kaskus.co.id

1. Rasulullah Saw, Bersabda;
Suatu ketika seseorang berjalan di suatu jalan. Ia merasakan kehausan. kemudian ia menemukan sebuah sumur. ia turun didalamnya, minum, dan keluar. tiba-tiba ada seekor anjing yang menjilat tanah karena kehausan. orang tersebut berkata dalam hatinya, "sungguh. anjing ini merasakan kehausan seperti aku merasakan sebelumnya, Ia turun lagi ke dalam sumur. setelah sampai di dalam, ia memenuhi sepatunya dengan air, lalu menggigitnya dan membawanya naik keatas. air tersebut ia minumkan kepada anjing. karena itu, Allah berterimakasih kepadanya dan mengampuni dosa-dosanya.
Para Sahabat bertanya, " Wahai Rasulullah, apakah dalam berbuat baik kepada binatang, ada pahala untuk kami? "Rasulullah menjawab, dalam berbuat baik kepada setiap yang memiliki hati masih basah ada pahalanya. (H.R. Bukhari dalam shahih bukhari jilid III hlm. 146-1147)

2. Rasulullah Saw, Bersabda;
Suatu ketika seekor anjing terus berputar-putar disekitar sumur. tiba-tiba ada seorang pelacur dari bani Israil melihatnya. ia segera melepas sepatunya untuk mengambilkan air lalu meminumkannya. ia mendapat ampunan dari Allah atas perbuatan tersebut. (H.R Bukhari dalam shahih bukhari, jilid IV hlm. 211, H.R Muslim dalam Shahih Muslim, Jilid IV, hlm 1761, H.R Ahmad di dalam musnad, jilid II hlm. 357)
 dikutip dari Terjemah Fiqh Sunnah tulisan Sayyid Sabiq dengan penerbit asli darul fath, terbitan terjemahan oleh pena pundi aksara, Jakarta Pusat.

itulah ternyata sedekah dengan binatang pun menjadikan dia diampuni oleh Allah Swt, yuk semangat dari sekarang sedekahnya.
Salam

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam