Tuesday, June 18, 2019

ini puasa yang dianjurkan di bulan syawal

hadits tentang puasa syawal, foto:tribunn
Ramadhan telah berlalu, disambut dengan hari raya iedul fitri di tanggal 1 syawal, nah di bulan syawal ini ada beberapa keutamaan yang sangatlah besar, yaitu berpuasa selama 6 hari di bulan syawal. tahukah sobat, kapan aja dibolehkan memulai puasa syawal?

Apakah puasa syawal boleh langsung dihari kedua setelah hari raya, atau ada lagi pertanyaan, apakah puasa syawal boleh jeda hari atau tidak berturut turut selama 6 hari.

Berikut beberapa penjelasan tentang puasa 6 hari di bulan syawal :
Hadits Rasulullah Saw :
Rasululullah SAW, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun” (HR. Muslim).
1. Puasa Syawal boleh dilakukan hari kedua setelah tanggal 1 syawal karena pada hari raya merupakan hari yang diharamkan berpuasa.
2. puasa syawal sangat dianjurkan berturut turut
3. apabila tidak bisa berturut turut diperbolehkan berpuasa kapan saja, selama itu masih dalam bulan syawal.

nah, gimana sobat santri, puasa di bulan syawal juga sangat besar pahalanya, bahkan pahalanya seperti berpuasa selama satu tahun penuh.

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar:

Tuangkan Pendapat anda disini, semakin kita berdiskusi semakin terbuka pemikiran kita. Salam