Dapatkan bantuan blt cair dan cara daftar blt UMKM di 2021

Dapatkan Bantuan BLT Dari Pemerintah dan Perbesar Usaha Anda!

Bagi Anda yang sering mengikuti berita dari pemerintah, Anda pasti sudah pernah mendengar tentang BLT. BLT atau Bantuan Langsung Tunai merupakan program yang dijalankan pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Penerima BLT ini sendiri disebut dengan KPM atau Keluarga Penerima Manfaat. 

KPM yang akan menerima BLT merupakan KPM yang memenuhi syarat. Adapun syarat-syarat tersebut adalah keluarga miskin, berdomisili di desa yang bersangkutan, dan bukan penerima bantuan pemerintah lainnya. Seperti yang mungkin juga sudah Anda ketahui bahwa dua tahun terakhir pemerintah gencar memberikan bantuan pada masyarakat. Hal ini karena efek dari pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia. Untuk Anda yang termasuk ke dalam kategori KPM, Anda bisa daftar BLT sekarang juga.

BLT cair setiap bulan dengan nominal Rp. 300.000. Dimulai dari bulan Januari 2021 hingga bulan Desember 2021 nanti. Jadi dalam setahun, KPM akan menerima total Rp. 3.600.000 dalam setahunnya. Namun jumlah ini khusus untuk BLT Desa yang penyalurannya melalui perangkat desa setempat. Terdapat beberapa jenis BLT lain. Salah satunya adalah BLT BPJS, BLT UMKM, dan beberapa jenis BLT lainnya. Hal ini diadakan bukan tanpa sebab. Bantuan BLT digencarkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi. Seperti yang Anda tahu, pandemi Covid-19 sudah memporak porandakan perekonomian Indonesia. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karenanya.

Jika Anda salah satunya, Anda bisa daftar BLT UMKM jika Anda mempunyai badan usaha atau BLT BPJS 2021 jika Anda merupakan pegawai dengan gaji di bawah Rp. 5.000.000. Bantuan Langsung Tunai dari pemerintah diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemi dan menggerakan kembali roda perekonomian. Dengan begitu perekonomian negara akan segera bangkit seperti semula lagi. Untuk tata cara pendaftaran BLT, Anda bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Tata Cara Pendaftaran Bantuan BLT Desa Melalui Perangkat Desa Setempat

Bagi Anda yang merasa termasuk ke dalam penerima BLT, Anda bisa mendaftar sekarang akan bisa mendapatkan bantuan secepatnya. Untuk cara daftar BLT, cukup mudah dan tidak ribet. Anda hanya memerlukan beberapa dokumen pendukung. Dokumen pendukung tersebut seperti KTP dan KK. Untuk BLT Desa, Anda perlu pergi ke perangkat desa seperti Rukun Tetangga (RT) terlebih dahulu. Lakukan pencatatan sebagai KPM selanjutnya pergi ke Kepala Desa. Serahkan catatan yang telah dibuat. Pencatatan tersebut nantinya akan dimusyawarahkan apakah KPM berhak mendapatkan BLT atau tidak. Jika berhak, BLT akan diberikan secara bertahap yaitu selama 12 bulan berturut-turut.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu keluarga-keluarga di Indonesia untuk menghadapi pandemi yang sedang berlangsung. Hal ini karena pandemi yang sedang berlangsung membuat beberapa orang kehilangan pekerjaannya. Beberapa juga bahkan tidak bisa bekerja karena protokol kesehatan dan PPKM yang ditentukan pemerintah. Maka dari itu, bantuan kecil ini diharap dapat menjadi penyambung hidup selama pandemi berlangsung. Nah selain BLT, ada beberapa jenis BLT lainnya yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah bantuan 600 ribu yang diberikan lewat program Prakerja.

Program Prakerja ini merupakan program BLT bagi masyarakat yang terkena PHK, yang tidak memiliki pekerjaan, atau yang baru saja lulus kuliah. Program ini memberikan pelatihan kepada penggunanya sebesar Rp. 1.000.000. Jumlah ini bisa digunakan untuk mendapatkan pelatihan sesuai bidang yang nantinya diharapkan dapat membantu pengguna untuk mendapatkan pekerjaan. Setelah menyelesaikan pelatihan, pengguna akan diberikan bantuan sebesar Rp. 600.000 setiap bulannya selama empat bulan. Dengan total Rp. 2.400.000 penerima diharapkan dapat terbantu selama proses mencari kerja maupun membuka usaha. Program satu ini bisa diakses secara online sehingga daftar BLT online juga.

Cara Mendapatkan Bantuan BLT UMKM dengan Mudah dan Praktis

Selain dua jenis BLT di atas yaitu BLT Desa dan BLT 600rb, ada juga BLT UMKM 2021 bagi Anda yang bergerak di bidang usaha. BLT ini diperuntukkan untuk UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah milik masyarakat. BLT UMKM ini diharapkan dapat membantu pengusaha-pengusaha kecil untuk tetap menjalankan usahanya atau bahkan memperbesar usahanya. Dengan begitu roda perekonomian Indonesia tetap berjalan. 

BLT UMKM ini bisa Anda dapatkan dengan cara mendaftarkan usaha milik Anda melalui Dinas Koperasi dan UMKM. Tata cara pendaftarannya adalah sebagai berikut. Pertama, buat surat Permohonan Perizinan Berusaha Perseorangan (Skala Mikro dan Kecil), buat NIB, izin usaha, izin komersial, dan izin operasional. Kedua, semua dokumen ini bisa Anda bawa ke Dinas Koperasi dan UMKM dengan dokumen pribadi seperti KTP dan KK. Ketiga, data Anda akan diperiksa apakah layak menerima bantuan atau tidak. Setelahnya, bantuan akan diberikan kepala Anda sebesar Rp. 2.600.000. Mudah bukan? Jadi bagi Anda yang merasa berhak mendapatkan bantuan ini, Anda bisa segera mendaftarkan diri.