Cara mengecek BI Checking via hp android lengkap dengan cara cek slik ojk onlin di 2021

Ketahui dan Kenali Lebih Lanjut Soal BI Checking Berikut Ini!

Sudah pernah mendengar istilah BI Checking? Mungkin bagi orang yang sering bergelut di bidang perbankan maupun kredit, istilah ini tidak akan asing lagi. Namun bagi masyarakat awam, istilah ini tentunya masing asing. BI Checking adalah istilah tidak resmi yang mengacu pada sistem di Bank Indonesia. Sebutan resminya sendiri merupakan Informasi Debitur Individual atau IDI Historis. Sistem ini mengacu pada data-data penyediaan dana serta kondisi. 

Jadi data ini akan menunjukan status penyediaan dana yang pernah dilakukan oleh debitur terkait. Apakah penyediaan dana tersebut lancar atau bermasalah. Data inilah yang akan membantu bank-bank di Indonesia dalam menyeleksi calon debitur yang akan mengajukan pinjaman.

Singkatnya, bank akan melakukan BI Checking pada calon debitur yang akan melakukan pinjaman. Calon debitur akan dilihat histori pinjamannya. Apakah pernah melakukan pinjaman atau tidak. Jika pernah, proses pinjaman akan dilihat. Apakah lancar atau terhambat. 

Jika lancar, maka kemungkinan besar kredit Anda selanjutnya akan diloloskan. Di sisi lain, jika terhambat bank akan mempertimbangkan pinjaman Anda. Namun jika Anda belum pernah melakukan pinjaman, bank akan mengecek kemampuan Anda dalam melakukan cicilan ke depannya. Mudah dipahami bukan? Nah bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman ke bank, Anda bisa melakukan cek BI Checking dengan mudah. Adapun cara mengecek BI Checking bisa dilihat pada tulisan berikut ini.

Cara Melakukan BI Checking Dengan Mudah dan Praktis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa BI Checking merupakan sebutan bagi IDI Historis. Sebuah sistem informasi yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Sistem informasi ini akan menentukan apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Nah jadi bagi Anda yang berniat untuk melakukan pinjaman ke bank, Anda tentunya harus cek BI Check ini. Bagaimana caranya? Mudah sekali! Anda bisa melakukanya secara manual maupun cek BI Checking via HP. Berikut adalah tahapan melakukan BI Checking.

Pertama, Anda bisa melakukan cara cek bi checking secara manual di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan setempat. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah KTP bagi warga negara Indonesia atau paspor bagi warga negara asing. Setelah itu Anda bisa mengunjungi kantor OJK terdekat. Sesampainya di sana, Anda hanya perlu mengisi formulir permohonan BI Checking atau SID untuk sebutan resminya. Setelah Anda menyerahkan formulir tersebut ke petugas, Anda akan diberikan cetakan hasil IDEB. Hasil IDEB inilah yang akan menunjukan kelayakan Anda sebagai debitur.

Kedua, Anda bisa melakukan BI cek king online dengan mudah. Anda bisa menggunakan smartphone, tablet, maupun laptop Anda. Caranya adalah dengan mengunjungi laman permohonan SILK di https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi. Selanjutnya isi formulir, nomor antrian, dan upload foto scan KTP/Paspor. Untuk badan usaha, Anda harus melampirkan identitas pengurus, NPWP, dan akta pendirian usaha. Setelah selesai, klik tombol kirim.

 Jika berhasil, Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari OJK beserta bukti registrasinya. Selanjutnya, OJK akan memverifikasi semua data yang Anda berikan. Jika valid, formulir yang tadi diisi bisa Anda cetak, tanda tangani, scan, lalu upload kembali. Setelah verifikasi lanjutan, OJK akan mengirimkan hasil IDEB SILK melalui email. Dengan cara ini, tentunya Anda bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun.

Keuntungan Melakukan BI Checking Bagi Para Debitur

Setelah mengetahui cara cek BI checking via HP dan manual, Anda jadi tertarik untuk melakukan pengecekan bukan? Ide yang bagus! Dengan begitu Anda bisa mengetahui status kelayakan Anda sebagai debitur nantinya. BI Checking juga bisa memberikan banyak keuntungan pada Anda sebagai calon debitur loh! Apa saja keuntungan tersebut? Adapun keuntungan melakukan BI Checking adalah sebagai berikut. Pertama, Anda bisa mengetahui status kelayakan Anda sebagai debitur. Sebelum melakukan pinjaman, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu apakah Anda layak mendapatkan pinjaman dari bank atau tidak. 

Dengan begitu saat mengajukan pinjaman di bank, Anda tidak perlu khawatir lagi oleh pengecekan yang dilakukan bank. Jadi Anda bisa lebih percaya diri. Kedua, jika status Anda tidak layak mendapatkan pinjaman, Anda bisa mencari solusi lain. Jadi jika dari awal Anda tahu bahwa Anda tidak layak mendapatkan pinjaman dari bank, Anda bisa mencari cara lain. Cara tersebut bisa saja mendapatkan pinjaman dari lain atau membenarkan status kredit Anda.

Jangan Khawatir! BI Checking Akan Membuktikan Bahwa Anda Merupakan Debitur yang Layak!

Itulah serba serbi mengenai BI Checking. Mulai dari cara cek BI Checking di HP Android, IOS, dan manual hingga keuntungan melakukan BI Checking. Jadi setelah mengetahui informasi tersebut, Anda tidak perlu takut lagi dengan istilah BI Checking ini. Hal ini karena BI Checking ini akan memudahkan Anda sebagai calon debitur dan juga bank sebagai penyedia dana. Jadi, sudah siap untuk melakukan BI Checking?