Cara transfer uang lewat ATM BNI Mandiri BCA dan BRI di 2021

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Transfer Uang Lewat ATM Bank Terkait Milik Anda!

Transfer uang merupakan salah satu layanan atau fitur yang diberikan bank bagi nasabahnya. Fitur ini berfungsi untuk memindahkan sejumlah uang dari saldo rekening Anda ke rekening orang lain. Layanan ini bisa digunakan ke sesama bank atau bahkan ke bank lain. Limit transfer yang bisa Anda lakukan juga tergantung dari jenis tabungan dan kartu bank yang Anda gunakan. 

Terdapat beberapa jenis kartu yang memiliki limit transfer kecil dan ada juga beberapa jenis kartu yang memiliki limit transfer besar. Namun, cara transfer uang ini memiliki tata cara yang berbeda-beda. Walaupun caranya tidak akan jauh berbeda. Bank dan kartu jenis apa yang Anda miliki? Berikut ini adalah beberapa cara transfer uang lewat ATM bank terkait milik Anda. Pertama, cara transfer uang lewat ATM BRI.

Untuk mentransfer uang lewat ATM BRI, tata caranya adalah seperti ini. Pertama, siapkan nomor rekening tujuan sebelum Anda pergi ke ATM BRI terdekat. Hal ini dilakukan agar Anda tidak berada terlalu lama di bilik ATM dan membuat orang lain mengantri. Kedua, siapkan juga kode bank jika rekening tujuan merupakan bank yang berbeda dengan bank BRI. Lagi-lagi, tentunya ini dilakukan untuk menghemat waktu Anda. Ketiga, pergi ke ATM bank BRI terdekat dari Anda. 

Masukan kartu Anda, pilih bahasa Indonesia, masukan pin ATM dengan benar, pilih menu transfer, pilih transfer ke sesama BRI atau ke bank lain jika rekening beda bank, dan masukan kode bank (jika beda bank). Selanjutnya, Anda bisa memasukan nominal uang yang akan ditransfer. Maka layar akan menunjukan pesan konfirmasi transfer. Cek apakah rekening tujuan dan nominal sudah benar. Klik lanjutkan dan transaksi selesai. Struk akan keluar untuk menunjukan bahwa transaksi transfer Anda berhasil. Untuk cara transfer uang lewat ATM BNI, cara transfer uang lewat ATM Mandiri, dan cara transfer uang lewat ATM BCA caranya kurang lebih sama. Anda bisa mengulangi tata cara di atas.

Tidak Dapat Menemukan ATM Bank Anda? Ini Cara Transfer Uang Lewat ATM Bersama!

Di atas sudah dipaparkan cara mentransfer uang melalui ATM bank Anda sendiri. Lantas bagaimana jika Anda tidak menemukan ATM bank Anda? Tidak masalah! Kini Anda juga bisa melakukan transaksi seperti penarikan tunai, setor tunai, dan transfer melalui ATM milik bank lain. Hal ini karena ATM-ATM dari bank lain ini sudah terhubung dengan jaringan Link sehingga memungkinkan transaksi antar bank. Walaupun nanti akan ada biaya charge yang dikenakan mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 7.000 tergantung mesin ATMnya. Supaya memudahkan Anda, berikut ini adalah contoh tata cara transfer uang di ATM BRI ke rekening bank lainnya.

Pertama, siapkan nomor rekening tujuan beserta kode banknya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa transaksi antar bank memerlukan kode bank tujuan. Hal ini dilakukan agar mesin ATM dapat membaca dan mengetahui bank tujuan dengan benar. Jadi pastikan bahwa nomor rekening tujuan dan kode banknya sudah benar. Kedua, pergi ke ATM terdekat seperti BRI contohnya. Ketiga, masukan kartu Anda, pilih bahasa Indonesia, dan masukan pin dengan hati-hati. 

Setelahnya, pada menu utama pilih transfer. Masukan kode bank dengan nomor rekening. Perlu diketahui bahwa kode bank ini akan berdampingan dengan nomor rekening (disambung). Selanjutnya, masukan nominal uang yang ingin di transfer dan konfirmasi. Transaksi transfer uang Anda selesai. Struk akan keluar. Untuk cara transfer uang lewat ATM BRI ke BRI sendiri, caranya kurang lebih sama. Hanya saja Anda tidak akan membutuhkan kode bank karena transfer dilakukan ke sesama bank.

Keuntungan Melakukan Transfer Lewat ATM dan Cara Transfer Uang Lewat ATM

Itulah tata cara melakukan transfer uang lewat ATM dengan bank yang sama maupun dengan bank yang berbeda. Di jaman yang serba digital ini, transaksi perbankan seperti transfer uang memang bisa dilakukan secara online. Pastinya melalui layanan e-banking yang disediakan oleh bank. Akan tetapi, tidak semua nasabah terhubung dengan layanan ini. Khususnya nasabah yang usianya sudah lanjut dan kesusahan untuk menggunakan layanan ini. 

Maka dari itu, sistem transfer manual masih sering dilakukan di tahun 2021 ini. Hal ini juga didukung dengan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat melakukan transaksi transfer manual. Keuntungan tersebut seperti bukti yang didapatkan berupa bukti fisik. Setelah selesai melakukan transfer, akan keluar bukti fisik berupa struk yang dicetak pada kertas. Struk ini merupakan bukti konkret jika digunakan sebagai bukti transfer jika melakukan pembayaran atas sebuah barang/jasa. Berbeda dengan bukti digital yang rentan dimanipulasi. Jadi pastikan untuk mengikuti tata cara transfer di atas agar Anda bisa mentransfer uang dengan mudah.